Senin, 15 Februari 2010

ASOSIASI PETERNAK KELINCI - KABUPATEN BATANG

        ASPEK. Embrio Asosiasi ini bermula dari wacana lokal penggemar kelinci di Tersono .Tepatnya bulan Juli 2008 draft pendirian asosiasi ini sempat saya ajukan ke kepala desa tersono. Beliau memberikan apresiasi yang menggembirakan.
                Seiring berjalannya waktu, konsistensi saya mulai goyah, embrio masih tetap embrio (meskipun kegiatan para pecinta kelinci tetap berlangsung), hingga suatu hari salah satu pencetus ASPEK mendapatkan tawaran program pembinaan dari dinas peternakan. Embrio yg sempat terlupakan akhirnya muncul kembali, bahkan antusiasme pendirian ASPEK mendapatkan apresiasi pecinta kelinci se-Kabupaten Batang. Tanggapan positif yang luar biasa, bahkan tak terbayangkan sebelumnya, padahal semua berkas proposal, draft AD/ART sudah ludes dimakan virus.

               ASPEK yang semula berakronim Asosoasi Peternak Kelinci Kec. Tersono akhirnya berubah menjadi Asosiasi Peternak Kelinci Kab. Batang. ASPEK Tersono sekarang sudah tidak ada lagi, namun ASPEK tersono telah menjadi bagian dari sejarah penting lahirnya ASPEK kab. Batang, karena dari sinilah AsPeK Kab. Batang terlahir.
              
              Setelah terbentuk, AsPeK sepakat menggagas penyediaan kelinci bagi peternak maupun untuk konsumsi. Sebagai langkah awal, AsPek telah melakukan pendataan populasi kelinci di kabupaten batang, khususnya anggota AsPeK. Pada bulan Februari 2010 kelinci anggota AsPeK baru tercatat sejumlah 247 ekor dari berbagai jenis. di bawah ini adalah data kelinici anggota AsPek menurut jenisnya:
    1. Pedaging                         :    132 ekor
    2. Hias                                :    115 ekor 
              Untuk saat ini AsPeK masih fokus pada ketersediaan bibit unggul bagi anggotanya. Secara personal ketua AsPeK telah bekerja sama dengan peternak kelinci dari kabupaten Megelang, Sleman dan Semarang. diharapkan kerjasama yang pernah terjalin dengan ketua AsPek akan menjadi modal awal membawa AsPek menjadi organisasi yang memberi kontribusi positif bagi para anggotanya.
             Dalam hal keorganisasian, AsPek Membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki peluang manfaat bagi perkembangan. Bagi yang berminat untuk menjalin kerjasama dengan AsPeK bisa langsung menghubungi Ketua AsPek : Mas O'Ok  No HP 085 292 073 541


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "ASOSIASI PETERNAK KELINCI - KABUPATEN BATANG"